Benih Padi Pemberani

Pengarang: Anonim

Jaman dahulu ada seorang petani yang memiliki banyak benih di lumbungnya, suatu hari tibalah bagi petani itu untuk kembali menanam benih yang baru karena sebentar lagi musim hujan akan tiba, nah diantara banyak benih itu ada dua benih yang saling berbeda satu sama lain, benih yang satu adalah Benih Padi dan benih yang lain adalah Benih Kacang, Benih Padi adalah benih yang sudah tidak sabar lagi untuk meninggalkan lumbung itu dan ditanam oleh pak tani sementara Benih Kacang adalah benih yang begitu sayang dengan tempat tinggalnya sekarang yang nyaman dan terlindung dari panas dan hujan selain itu Benih Kacang juga takut kalau dia harus ditanam oleh Pak Petani, dikubur di di dalam tanah adalah sesuatu yang menakutkan baginya.

Hari menanampun datanglah, Benih Padi langsung berdiri dan melompat-lompat : “Ayo Pak Petani ambil saya, ambil saya !” Teriak Benih Padi, sementara Benih Kacang bersembunyi karena takut . Merasa heran dengan Benih Kacang maka Benih Padipun bertanya kepada Benih Kacang : “Cang, kenapa kau takut untuk ditanam ?” Tanya Benih Padi, Benih Kacang dengan takut dia menjawab : “ Iya, aku takut ditanam, bayangkan nanti kalau kita didalam tanah, gelap, dingin, susah bernafas aduh pokoknya nggak nyaman deh, apalagi bagaimana nanti kalau ada cacing, hiiii …. Aku takut sama cacing, pokoknya aku di sini saja, enak nyaman dan aman, aku tidak mau ditanam.” Mendengar jawaban Benih Kacang, Benih Padipun memberi pengertian pada Benih Kacang kalau itu memang sudah seharusnya dan yang paling penting adalah Pak Petani pasti menjaga mereka dari semua hama dan penyakit hingga mereka nanti bisa menjadi berlipat ganda dan kalau masalah cacing Benih Kacang tidak perlu takut karena cacing malah akan membantu mereka tumbuh lebih cepat dan lebih sehat . Namun Benih Kacang tetap tidak mau, dia masih takut dan terlalu sayang dengan tempatnya yang sekarang dan memang akhirnya dia tidak pernah ditanam.

Sementara itu Benih Padi akhirnya diambil oleh Pak Petani dan ditanam, dirawat dan dijaga oleh Pak Petani, walaupun pertama dia harus tinggal ditampat yang gelap, becek dan kotor tapi dia tahu tidak selamanya dia tinggal di tempat yang seperti tu, dia akan tumbuh dan menjadi besar hingga dia akan dipindahkan ketempat yang besar serta terang sampai kelak dia akan menjadi sangat banyak dan berguna bagi banyak orang .

Di tempat lain Benih Kacang sendirian di lumbung itu dan di tengah ketakutannya karena sendirian datanglah seekor tikus besar kelaparan yang mencari makan di lumbung itu, mata tikus menjelajah ke segala arah dan menemukan Benih Kacang yang tambun dan terlihat sangat lezat, tanpa pikir panjang tikuspun langsung melahap Benih Kacang itu.
Benih Kacangpun menemukan tempat barunya, perut tikus, yang akan membuatnya berubah yaitu menjadi kotoran tikus . Sementara Benih Padi telah pindah ke tengah sawah tempat besar dan terang yang di jaga oleh Pak Petani hingga waktu panen tiba .


Apakah Anda Suka?
Copyright 2014 Dongeng & Cerita Anak - All Rights Reserved