Home > Asal Usul Nama Palembang

Asal Usul Nama Palembang

Pengarang: Anonim

Kategori: Cerita Rakyat

Ketika Putri Ayu Sundari dan pengiringnya masih berada di Bukit Seguntang Mahameru, ada sebuah kapal yang mengalami kecelakaan di Pantai Sumatera Selatan. Penumpangnya adalah tiga orang kakak beradik, putra dari Raja Iskandar Zulkarnain.

Ketiga orang ini selamat dari maut, dan terdampar di Bukit Seguntang Mahameru. Mereka disambut oleh Putri Ayu Sundari. Salah seorang dari putra tertua Raja Iskandar Zulkarnai, yaitu Sang Sapurba kemudian menikah dengan Putri Ayu Sundari dan kedua saudaranya menikah dengan keluarga putri itu.

Karena Bukit Seguntang Mahameru berdiam di Sungai Melayu. Maka, Sang Sapurba dan istrinya mengaku sebagai orang Melayu. Anak cucu mereka kemudian berkembang dan ikut kegiatan di daerah Lembang. Nama Lembang semakin terkenal.

Kemudian, ketika orang hendak ke Lembang selalu mengatakan akan ke Palembang. Kata "pa" dalam bahasa Melayu tua menunjukkan daerah atau lokasi.

Di sana, ekonomi bertumbuh dengan pesat. Orang-orang ramai berdatangan ke daerah tersebut. Sungai Musi dan Sungai Musi Banyuasin menjadi jalur perdagangan kuat terkenal sampai ke negara lain. Nama Lembang pun berubah menjadi Palembang.

Semoga cerita anak ini dapat bermanfaat. Baca juga cerita:

<< Rubah Dan Burung Gagak (By Aesop) Asal Mula Nama Wamena (By Aesop) >>

Lihat juga kategori: Cerita Rakyat | Fabel / Binatang | Tumbuhan | Putri, Gadis & Dewi | Raja & Pangeran | Tema Umum

Suka halaman ini? Beritahu teman: