Kisah Angin Utara Dan Matahari

Dongeng Angin Utara Dan Matahari
Dongeng Fabel


Dongeng Angin Utara Dan Matahari


rumahdongeng.com - Angin Utara dan Matahari berdebat tentang siapa diantara mereka yang lebih kuat. Sementara mereka berdebat dengan hebat, seorang pengembara berjalan melewati suatu jalan dengan badan terbungkus jubah.


"Mari kita buktikan" kata Matahari, "bahwa yang terkuat diantara kita adalah siapa saja yang bisa membuat pengembara itu membuka jubahnya. "


Baca juga;


"Baiklah," kata Angin Utara , dan seketika itu juga meniupkan angin kencang yang dingin kepada pengembara itu.


Dengan hembusan angin yang kencang, ujung jubah yang dipakai pengembara, tertiup ke belakang. Tetapi ia segera membungkus erat jubah itu ke tubuhnya, dan semakin kuat angin bertiup, semakin erat ia membungkus tubuhnya.


Angin utara berusaha merobek jubah pengembara itu dengan tiupan anginnya, namun semua usahanya sia-sia.


Tibalah giliran matahari. Matahari mulai memancarkan sinarnya. Pada awalnya sinar yang dikeluarkan cukup lembut , dan dalam sekejap, kehangatan menggantikan rasa dingin dari Angin Utara.


Sang Pengembara kemudian melonggarkan jubahnya dan membiarkannya tergantung dari bahunya. Sinar matahari kemudian bersinar lebih terik dan makin terik.


Pria itu melepaskan topinya dan mengusap alisnya yang basah oleh keringat. Akhirnya ia menjadi kepanasan sehingga ia melepaskan jubahnya, dan untuk menghindari sinar matahari yang terik, ia berteduh di bawah naungan bayangan pohon di pinggir jalan.


Akhirnya Matahari yang memenangkan Pertandingan itu.


Pesan Moral Dongeng Angin Utara Dan Matahari


Sikap rendah hati dan simpati akan mempengaruhi kemauan seseorang dari pada memaksanya dengan kekuatan.


Kelembutan lebih unggul dibandingkan kekerasan.


Semoga cerita anak ini dapat bermanfaat.

Pengarang: Aesop


Baca Cerita di Rumah Dongeng

Posting Komentar untuk "Kisah Angin Utara Dan Matahari"